--> Skip to main content

Hindari Perilaku Negatif Ini Di Tempat Kerja Baru Anda!

Peluang mendapatkan pekerjaan adalah dambaan setiap orang, siapapun itu terutama mereka yang telah menyelesaikan pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi. Bekerja di sebuah perusahaan atau lembaga pemerintah akan sedikit berbeda kondisinya, tetapi ada beberapa hal penting yang patut Anda perhatikan saat pertama kali bekerja disuatu tempat dan wajib Anda hindari. Berikut hal-hal yang patut Anda hindari saat pertama kali diterima berkerja.

Ringkasan:

Beberapa hal yang patut Anda hindari saat pertama kali diterima berkerja

  1. Datang terlambat, meskipun hanya 5 menit
  2. Tidak bisa beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan lingkungan
  3. Bergosip dengan sesama pegawai diwaktu kerja
  4. Seringkali update status di media sosial
  5. Membicarakan dan membanding-bandingkan gaji
  6. Berpenampilan berlebihan 
  7. Kritis yang berlebihan

1. Datang terlambat, meskipun hanya 5 menit

Apabila Anda sudah diterima di sebuah perusahaan, biasanya kebijakan perusahaan menerapkan sistim uji coba bagi pegawai baru. Pada tahapan ini, usahakan Anda tidak pernah telat satu menit pun saat masuk kerja, setelah istirahat dan pulang. Keterlambatan Anda sama saja dengan mencoreng kesempatan Anda bekerja ditempat tersebut. Pada malam hari usahakan Anda sudah merencanakan segala sesuatu yang akan Anda kerjakan esok hari, misalnya jam berapa Anda mandi, sarapan dan berangkat ke tempat kerja. Datang tepat waktu adalah salah satu bentuk kedisiplinan Anda yang memberikan dampak positif bagi pekerjaan Anda.

2. Tidak bisa beradaptasi terhadap lingkungan

Sebagai seorang lulusan baik dari sekolah ataupun perguruan tinggi, seringkali saat diterima bekerja disuatu perusahaan atau lembaga, mereka masih merasa sebagai siswa atau mahasiswa. Idealisme dan kemampuan berkomunikasi dengan pegawai lama atau lingkungan kerja cenderung kurang. Hal ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang lambat laun akan menyiksa Anda selama bekerja ditempat tersebut. Saat Anda mulai bekerja untuk pertama kali, penting bagi Anda untuk mulai berkenalan dengan orang-orang yang bekerja disekitar Anda sekaligus mengenali karakter lingkungan Anda. Mulailah obrolan-obrolan ringan yang bisa mendekatkan diri Anda dengan lingkungan, ingat Anda adalah pegawai baru ditempat tersebut.

Apabila Anda tipe orang yang tertutup, mulailah belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain karena salah satu kesuksesan beradaptasi adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang disekitar Anda.

3. Bergosip dengan sesama pegawai

Bagi Anda yang masih berstatus pegawai baru, sebaiknya Anda tidak mudah terbawa kebiasaan yang kurang produktif. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah bergosip, atau membicarakan sesuatu hal yang kurang produktif pada saat jam kerja. Perlu diingat, Anda diterima ditempat tersebut karena perusahaan atau lembaga membutuhkan kinerja Anda yang produktif untuk mendukung kesuksesan perusahaan atau lembaga. Bila Anda senang bergosip, sebaiknya Anda harus menghentikan kebiasaan itu sekarang juga.

4. Update status Media Sosial

Bagi Anda fresh graduate barangkali sudah menjadi kebiasaan saat menjadi siswa atau mahasiswa untuk akses media sosial kapan pun dan dimana pun sesuai keinginan anda. Hal ini akan berbeda dan tentunya kebiasaan ini perlu dirubah saat Anda mulai bekerja disuatu perusahaan atau lembaga. Pastikan Anda tidak mengakses media sosial terutama update status pada saat jam kerja. Perlu diingat, akun media sosial Anda sebagai pegawai baru biasanya diperhatikan oleh atasan atau orang disekitar Anda. Jadi, tahan keinginan Anda mengakses media sosial saat jam kerja.

5. Membicarakan gaji

Membicarakan gaji adalah sesuatu hal yang sah-sah saja apabila dilakukan ditempat dan waktu yang tepat. Saat status Anda sebagai baru, hal ini sebaiknya dihindari. Ketetapan gaji sebetulnya bukan hal yang harus dibicarakan ditempat kerja baru Anda, karena hal ini sudah ditanyakan dan didiskusikan pada saat proses penerimaan seperti pada tahapan wawancara. Fokuslah pada pekerjaan Anda saat ini, dan tunjukkan kinerja terbaik untuk perusahaan yang telah menerima Anda.

6. Berpenampilan berlebihan

Saat Anda masih duduk dibangku sekolah atau kuliah, penampilan Anda mungkin tidak akan terlalu diperhatikan oleh lingkungan sekitar Anda. Berbeda halnya saat Anda mulai bekerja sebagai pegawai baru disuatu perusahaan atau lembaga, sebaiknya Anda berpenampilan sederhana, rapi, tidak mencolok dan tidak berlebihan. Apabila Anda biasa menggunakan parfum usahakan menggunakan seperlunya, tidak berlebihan. Penampilan Anda adalah cerminan Anda bagi lingkungan Anda. Bagi Anda yang biasa memakai perhiasan mencolok, sebaiknya Anda kurangi atau dilepaskan terlebih dahulu. Ingat Anda masih pegawai baru ditempat tersebut dan masih dinilai perilaku dan tingkah laku Anda dalam bekerja.

7. Kritis yang berlebihan

Sebagai pegawai baru terutama berstatus sebagai fresh graduate, idealisme terhadap permasalahan biasanya masih tinggi dan cenderung berlebihan. Pemikiran kritis adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan atau lembaga, tetapi ingat hal ini perlu dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat. Kritis yang berlebihan terutama dilakukan oleh Anda sebagai baru, tentunya akan berdampak buruk untuk masa depan karir Anda. Apabila ada sesuatu hal yang ingin Anda kritisi, sebaiknya lakukan kajian yang mendalam dan tidak serampangan. Sampaikan kritikan Anda secara elegan dan tidak berlebihan.

Demikian 7 kesalahan yang biasa dilakukan oleh pegawai baru saat mulai bekerja disuatu perusahaan atau lembaga. Anda dapat menerapkan langkah diatas untuk meningkatkan kesempatan peningkatan karir Anda kedepan dan meningkatkan kesempatan berkerja lebih lama ditempat tersebut.

Selamat bekerja, raih prestasi emas Anda!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar